Jumat, 16 Januari 2015

Membuat Background dan memasukkan image pada J2ME

J2ME adalah bagian dari Java 2 Standard Edition (J2SE) yang digunakan untuk implementasi pada perangkat dengan ukuran kecil (micro device) seperti hand phone, PDA (Personal Digital Assistant), Palm, PocketPC, Smart-Phone hingga PDA-Phone yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan J2SE.
1. Buat class Midlet pada J2ME dan isikan sourcecode seperti pada tampilan dibawah ini:

































</pre>
</div>
<div data-jsid="message">/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.midlet.*;
/**
* @author nin_checha
*/
public class Midlet extends MIDlet {
private  Game1 game;
private Display d;
public void startApp() {
d = Display.getDisplay(this);
game = new Game1();
d.setCurrent(game);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
}
</div>
<div data-jsid="message">
2. Copikan semua image yang ingin dimasukkan pada project package
3. Buat class javat pada J2ME dan isikan sourcecode seperti pada tampilan dibawah ini:














































































</pre>
</div>
<div data-jsid="message">
import java.io.IOException;
import javax.microedition.lcdui.Graphics;
import javax.microedition.lcdui.Image;
import javax.microedition.lcdui.game.GameCanvas;
import javax.microedition.lcdui.game.Sprite;
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author nin_checha
*/
public class Game1 extends GameCanvas implements Runnable {
Graphics g = getGraphics();
Image bg; // untuk memasukkan gambar
Sprite pesawat, ufo, peluru, bom, karakter; // untuk mengdraw gambar
//Konstruktor
public Game1() {
super(true);
init(); //memanggil fungsi init
new  Thread(this).start();
}
private void  init(){
try {
bg = Image.createImage("/bg2.png");
pesawat = new Sprite(Image.createImage("/airplane.png"));
ufo = new Sprite(Image.createImage("/ufo.png"));
peluru = new Sprite(Image.createImage("/peluru.png"));
bom = new Sprite(Image.createImage("/ledakan.png"));
karakter = new Sprite(Image.createImage("/char.png"));
} catch (IOException ex) {
ex.printStackTrace();
}
}
public void run() {
while (true ) {
// disini loop game
g.setColor(255, 0, 0);
// g.fillRect(10, 10, 10, 280);
g.drawImage(bg, 0, 0, 0); //gambar
g.drawString("Score:", 5, 5, 0);
pesawat.setPosition(100, 190);
pesawat.paint(g); // untuk ngedraw pesawat
ufo.setPosition(20, 50);
ufo.paint(g);
bom.setPosition(120, 40);
bom.paint(g);
peluru.setPosition(200, 120);
peluru.paint(g);
karakter.setPosition(0, 250);
karakter.paint(g);
// batas loop game
flushGraphics();
// refresh supaya kelihatan hidup
try {
Thread.sleep(50);
// untuk mengistirahatkan setiap 50/mil second
} catch (InterruptedException ex) {
ex.printStackTrace();
}
}
}
}
4. Untuk tampilan prinscreennya dapat dilihat dapa tampilan dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar