1. Buat class Midlet pada J2ME dan isikan sourcecode seperti pada tampilan dibawah ini:
</pre> </div> <div data-jsid= "message" > /* * To change this template, choose Tools | Templates * and open the template in the editor. */ import javax.microedition.lcdui.Display; import javax.microedition.midlet.*; /** * @author nin_checha */ public class Midlet extends MIDlet { private Game1 game; private Display d; public void startApp() { d = Display.getDisplay( this ); game = new Game1(); d.setCurrent(game); } public void pauseApp() { } public void destroyApp( boolean unconditional) { } } </div> <div data-jsid= "message" > |
2. Copikan semua image yang ingin dimasukkan pada project package
3. Buat class javat pada J2ME dan isikan sourcecode seperti pada tampilan dibawah ini:
</pre> </div> <div data-jsid= "message" > import java.io.IOException; import javax.microedition.lcdui.Graphics; import javax.microedition.lcdui.Image; import javax.microedition.lcdui.game.GameCanvas; import javax.microedition.lcdui.game.Sprite; /* * To change this template, choose Tools | Templates * and open the template in the editor. */ /** * * @author nin_checha */ public class Game1 extends GameCanvas implements Runnable { Graphics g = getGraphics(); Image bg; // untuk memasukkan gambar Sprite pesawat, ufo, peluru, bom, karakter; // untuk mengdraw gambar //Konstruktor public Game1() { super ( true ); init(); //memanggil fungsi init new Thread( this ).start(); } private void init(){ try { bg = Image.createImage( "/bg2.png" ); pesawat = new Sprite(Image.createImage( "/airplane.png" )); ufo = new Sprite(Image.createImage( "/ufo.png" )); peluru = new Sprite(Image.createImage( "/peluru.png" )); bom = new Sprite(Image.createImage( "/ledakan.png" )); karakter = new Sprite(Image.createImage( "/char.png" )); } catch (IOException ex) { ex.printStackTrace(); } } public void run() { while ( true ) { // disini loop game g.setColor( 255 , 0 , 0 ); // g.fillRect(10, 10, 10, 280); g.drawImage(bg, 0 , 0 , 0 ); //gambar g.drawString( "Score:" , 5 , 5 , 0 ); pesawat.setPosition( 100 , 190 ); pesawat.paint(g); // untuk ngedraw pesawat ufo.setPosition( 20 , 50 ); ufo.paint(g); bom.setPosition( 120 , 40 ); bom.paint(g); peluru.setPosition( 200 , 120 ); peluru.paint(g); karakter.setPosition( 0 , 250 ); karakter.paint(g); // batas loop game flushGraphics(); // refresh supaya kelihatan hidup try { Thread.sleep( 50 ); // untuk mengistirahatkan setiap 50/mil second } catch (InterruptedException ex) { ex.printStackTrace(); } } } } |
4. Untuk tampilan prinscreennya dapat dilihat dapa tampilan dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar