Jumat, 16 Januari 2015

Belajar memasukan TextBox J2ME

Berkreasi dengan TextBox

TextBox   merupakan   sub-class   dari   screen   yang   dapat   digunakan   untuk   mendapatkan input text dari user. Hal ini memperbolehkan user untuk memasukan dan mengedit sebuah text. TextBox   hampir   sama   dengan   TextField(Lihat   pada   item   TextField)   karena   dia   dapat memiliki   input constraint dan input modes. Perbedaannya dengan TextField adalah user dapat memasukan garis baru(ketika input constraint di-set untuk semua “ANY”). Isi dari TextBox dapat diambil kembali dengan menggunakan method getString().


Bentuk cara penggunaan dari sebuah textbox adalah sebagai berikut :

Objek_textbox= new TextBox (“tulisan” , ” ”, panjang karakter , tipe_textbox);

Adapun tipe_textbox adalah TextField.ANY

Untuk lebih memahami ikuti langkah-langkah pratikum ini:

1.Buat sebuah projet baru dengan cara klik File- New Projet , dan akan tampilankotak dialog seperti di bawah ini :


4


2. Pada blok Categories pilih Java ME, dan pada blok Projext pilih Mobile Aplication dan kli next


3. Pada Projet Name ketikan nama project dengan nama latihan4, pada pilihan Set as Main Projet dan Create Hello MIDlet hilangkan tanda centangnya, setelah itu klik next. Lihat gambar


5


4. Pada Device Configuration pilih pilih CLDC-1.1, dan pada Device Configuration pilih MIDP-2.0, dan klik Finish


6


5. Setelah siap membuat projet, langkah berikutnya adalah membuat sebuah class MIDlet, dengan cara klik kanan nama projet-new-MIDLet


7 

Pada kotak MIDlet Name isikan nama midlet dengan latihan_textbox, dan klik Finish


8


6. Setelah kata-kataTambahkan import javax.microedition.lcdui.*;




public class latihan_midlet extends MIDlet


7.  tambahkan script implements CommandListener


8. Klik tanda bola lampu warna kuning yang ada di samping dan klik tulisan dan klik tulisan implement all abstract method


9. Di bawah tulisan

public class latihan_midlet extends MIDlet implements CommandListener {
tambahkan komponen yang di butuhkan, dengan cara

      TextBox nama_objek_textbox;

     Display nama_objek_display

     Command objek_Command;

      String variable_menampung_tulisan_dari_textbox;

10. Membuat sebuah class turunan MIDlet, nama dari class ini harus sama dengan nama MIDlet yang sudah di buat sebelumnya. Cara    membuat class nya adalah

public nama_class_midlet(){

11. Menggunakan objek dari komponen TextBox dan Command dengan cara mengetikan script :

objet_command=new komponen_Command(“kata yang tampil”,Command.OK,1); 

Objek_textbox= new objet_TextBox (“kata yang tampil, ” ”, panjang karakter , tipe_textbox);

12. Menambahkan objet Command ke dalam object textbox
     objet_textbox.addCommand(objet_command);

13. Memberikan perintah kepada komponen textbox agar sebuah Command yang ada pada komponen  
textbox terebut aktif dan berfungsi di saat di klik nantinya, adapun caranya adalah :

nama_objet_textbox.setCommandListener(this);

14. Memanggil semua objet yang ada pada class turunan dari MIDlet dan menampilkan pada layar

objet_display=Komponen_display.getDisplay(this);

       objet_display.setCurrent(textbox);

15. Memberikn event kepada objet command agar sewaktu di klik bisa mengambil semua karakter yang di ketikan di textbox dan di tampilkan    ke dalam alert. Adapun script yang mau di tambahkan adalah di dalam blok commandActon.

if (objet_command_action==objet_command) {

   variable_penampung=objet_textbox.getString();

   komponen_alert objet_alert=new Komponen_alert (“tulisan_yang_tampil”);

   objet_alert.setString(variable_penampung);

     objet_dispaly.setCurrent(objet_alert);

16. Setelah selesai semunya coba running dan lihat hasilnya


SILAHKAN DI COBA SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar